Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda

Internet merupakan sebuah kebutuhan sampingan yang kini berubah menjadi kebutuhan yang cukup penting, hal ini di sebabkan di era yang sudah modern ini banyak sekali hal yang dilakukan di Internet misalnya urusan pekerjaan, urusan hiburan dan lain sebagainya, tak heran internet ini sudah menjadi kebutuhan kusus untuk manusia.

Untuk mendapatkan koneksi internet sekarang ini tidaklah sulit, banyak sekali ISP yang menawarkan jasa mereka untuk menghubungkan Anda dengan internet bisa saja ISP internet cable seperti Biznet, MyRepublic, Indihome dan lainya atau mungkin ada juga operator selular yang menawarkan koneksi internet seperti Axis, XL, Indosat dll entah itu berbasis Unlimited atau sekedar berbasis kuota saja.
Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda
Namun, untuk mendapatkan koneksi internet yang cukup baik, yang maksudnya adalah cukup stabil dan cepat cukup sulit, apalagi terkadang di daerah pedalaman tidak dapat di jangkau oleh internet cable dan hanya bisa di jangkau oleh operator seluler itu pun dengan kendala yaitu sinyal yang minim maka hal itu bisa berakibat pada lambatnya koneksi internet yang kita terima.

Lambatnya koneksi internet ini biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor yang ada seperti kabel LAN yang usang atau mungkin letak router kurang benar, sinyal terlalu jauh dan faktor lainya yang mungkin di sebabkan oleh ISP atau penggunanya sendiri.

Untuk Mendapatkan koneksi internet yang cepat dan stabil sebenarnya mudah di lakukan, hanya saja Anda harus lebih selektif dalam memilih ISP mana yang akan di gunakan sebagai patner internet di rumah Anda.

Namun ada juga Cara Mempercepat Koneksi Internet, cara ini bisa di bilang cocok untuk kalian pengguna internet lewat operator selular yang menggunakan modem dan paket internet tertentu, beberapa cara yang akan saya sampaikan merupakan saya ambil dari berbagai refrensi dan ada juga yang saya ambil dari pengalaman saya sendiri, ya di simak berikut merupakan beberapa tips cara mempercepat koneksi internet.

1. Memilih Provider / ISP Yang Bagus

Ya tips ini saya jadikan paling awal karena merupakan hal yang paling mendasar bagi Anda saat akan langganan internet, pemilihan provider / ISP ini bisa di pertimbangkan oleh Anda atas beberapa faktor yang mendukung.

Misalnya jika kalian tinggal di daerah yang jauh dari ISP internet cable kalian bisa mengandalkan operator selular yang sinyanya sampai pada tempat kalian, misalnya kalian di daerah pegunungan bisa menggunakan kartu Tel*omsel yang mempunyai jangkauan cukup luas di daerah.

Selain dari faktor tempat Anda juga perlu selektif memilih ISP yang bagus dengan cara melihat pelayananya, misalnya saja Anda menggunakan internet Cable dari ISP A maka tes seberapa seringkah ISP tersebut mengalami eror, atau mungkin tes bagaimana pelayanan CS kepada pelangganya, tentunya ISP yang baik akan jarang mengalami eror dan juga pelayanan pada pelangganya sangatlah ramah.

Beberapa provider Internet Cable yang ada di indonesia adalah Indihome, Biznet, MyRepublic, dll sedangkan operator seluler indonesia yang menyediakan layanan internet adalah Axis, XL, Indosat Ooredoo, Telkomsel, Bolt dll kalian dapat memilih provider-provider tersebut dan sesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada pada Anda.

2. Gunakan Perangkat Modem Yang Bagus

Pemilihan modem juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempercepat koneksi internet, rata-rata modem di tahun ini sudah kebanyakan 4G, karena memang di indonesia sinyal 4G sudah mulai banyak di fasilitasi oleh operator selular indonesia.

Pastikan memilih modem dengan brand yang terkenal karena jika Anda membeli modem yang "ecek-ecek" nantinya dalam penggunaan kurang maksimal misalnya saja dulu saya pernah membeli sebuah modem dengan harga begitu murah namun, saat di gunakan modem tersebut sangat cepat sekali terasa panas padahal dalam kondisi penggunaan normal.

Jadi pemilihan modem ini sangatlah penting, pilihlah modem dengan harga bersaing jangan sampai Anda mengalami hal yang sama seperti yang saya alami.

3. Ubah Setingan Bandwidth Komputer

Pada dasarnya pada OS keluaran Windows, sang mebuat sudah memberikan limit bandwidth kepada user sebesar 80% dan 20% di gunakan windows untuk melakukan hal hal seperti update, informasi windows dll, untuk memaksimalkan koneksi internet yang Anda dapat ada baiknya jika tidak terlalu membutuhkan update windows Anda bisa mematikan 20% Bandwidth tersebut menjadi penuh, untuk mengetahui caranya Anda bisa menyimak sebagai berikut :
  1. Buka program RUN yang ada di Komputer Anda dengan Ketik  Windows + R secara bersamaan maka akan muncul Pop Up dari program RUN.
  2. Tulis pada kolom yang tersedia "gpedit.msc"
    Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda Mudah
  3. Masuk Ke Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
    Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda Mudah
  4. Pilih Limit Reservable Bandwidth dengan cara double klik
    Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda Mudah
  5. Selanjutnya Ubah Ke enable lalu ubah Bandwidth Limit Menjadi 0 (defaultnya 20) Kemudian klik apply dan Ok.
    Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda Gampang

4. Mengaktifkan DNS Cache

  1. Buka NotePad
    Copy Code di bawah ini ke notepad
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
    "CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
    "CacheHashTableSize"=dword:00000180
    "MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
    "MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
  2. Kemudian simpan kode tersebut dengan nama dnscache.reg
  3. Dobel Klik pada file tersebut untuk mengaktifkan cache.
  4. Buka file tersebut pada setiap kalian akan melakukan browsing untuk mendapat internet yang lebih stabil.

5. Gunakan Antena Tambahan Pada Modem

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda dengan Antena YagiYa cara ini sangat di sarankan untuk Anda yang berada di daerah yang minim sinyal, karena dengan minimnya sinyal tentunya akan menyebabkan koneksi internet yang di terima kurang maksimal kecepatanya, dengan menggunakan Antena Tambahan atau yang di sebut antena eksternal ini Insya Allah Sinyal yang di terima akan lebih maksimal.

Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda dengan Antena Eksternal
Kalian bisa membeli antena eksternal seharga 300rban yang bernama antena yagi, antena tersebut dapat di gunakan di berbagai modem dan juga berbagai tipe modem hanya saja perlu ada penyesuaian pada beberapa modem tertentu.

Apabila harga 300rban masih terbilang mahal, Anda dapat mencoba antena eksternal modem seharag 50rban yang bisa Anda beli di toko-toko online, kedua pilihan tersebut bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lokasi kalian masing masing.


6. Gunakan Software Downloadder Saat Download File

Ya menggunakan software downloadder default pada browser memang mudah namun, kecepatan akses download yang di terima tidaklah maksimal, saat mendownload file gunakanlah software downloadder pihak ketiga seperti IDM,

Dengan IDM kalian dapat menikmati kecepatan download secara maksimal, namun untuk bisa menikmati software IDM ini tidaklah gratis Anda diharuskan membayar beberapa $ untuk membeli lisensi serial number.

Namun jangan kawatir Anda masih bisa menggunakan IDM dengan trial selama 30 hari atau Anda bisa menggunakan software downloadder lainya seperti yang saya gunakan yaitu Eagle Get yang merupakan software downloadder gratis dengan fitur yang sadis.

Keenam cara di atas merupakan Cara Mempercepat Internet, tips di atas tidak sepenuhnya dari pengalaman penulis namun, penulis juga mengambil banyak referensi dari banyak tempat, untuk beberapa waktu mendatang mungkin akan saya tambah lagi tipsnya jadi jangan lupa Bookmark.

Post a Comment for "6 Cara Ampuh Mempercepat Koneksi Internet Anda"